Rabu, 29 Agustus 2012

Tips Menulis Artikel Populer

Artikel dengan gaya bahasa ringan dan isi yang up to date memang enak dibaca. Kita sering merasa tergugah dengan isi yang sesuai dengan kondisi kita, ataupun dengan kedekatan gaya bahasa yang dipakai penulisnya. Untuk Anda yang ingin mahir membuat artikel ringan tapi berisi, berikut tips menulis artikel populer yang bisa Anda terapkan.
Ternyata membuat artikel populer seperti yang ada di website atau majalah itu tidak sulit. Yang Anda perlukan hanya penguasaan bahan dan ketrampilan menceritakan kembali sesuai dengan gaya bahasa Anda. Tentu saja dengan sering latihan menulis apa saja, termasuk diary atau catatan harian, kemampuan menulis Anda akan semakin terasah.


Studi Sumber Informasi Sebagai Langkah Pertama
Tips menulis artikel pertama, Anda harus menemukan sumber informasi yang pas untuk artikel Anda. Sumber info ini bisa berasal dari mana saja, mulai dari perpustakaan, internet, sampai dari narasumber sendiri. Mencari informasi dari Internet via Google adalah hal yang paling mudah. Tapi jika Anda menemukan narasumber disekitar Anda bisa dijadikan sumber tulisan, kenapa tidak?
Yang perlu Anda tanyakan pada narasumber adalah 5W, dan 1H. Langkah itu adalah What (apa), Why (mengapa), When (kapan), Who (siapa), Where (dimana), dan How (bagaimana). Ini metode standar investigasi jurnalistik yang berlaku dimanapun.
Kalau Anda sudah mendapat jawaban dari pertanyaan ini, silahkan pelajari dulu sampai paham betul sumber informasi Anda. Hal yang sama juga berlaku kalau mencari sumber di internet. Artikel di internet sudah lengkap dan memenuhi syarat artikel, Anda tinggal membaca dan memahaminya saja. Kalau Anda sudah menjalani langkah ini, berarti Anda sudah separuh jalan dalam menulis artikel populer.

Bercerita Lewat Tulisan
Nah, sekarang waktunya menuliskan apa yang sudah Anda pelajari. Pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi yang paling menarik dari keseluruhan sumber. Coba tempatkan diri Anda sebagai pembaca, dan temukan apa hal yang paling menarik dari artikel itu dari cara pandang mereka. Misalnya jika Anda menulis artikel tentang diet sehat, ceritakan betapa mudah dan menyenangkannya diet itu di paragraf awal. Angle yang paling menarik di awal tulisan, akan membuat pembaca membaca terus artikel itu sampai habis.
Kalau Anda kesulitan menemukan judul yang tepat untuk artikel Anda, cobalah untuk menarik kesimpulan keseluruhan artikel dalam satu kalimat. Artikel dengan judul “Diet Mudah dengan Teh Hijau”, “Cara Mudah Menjadi Penulis”, atau “Memulai Bisnis dengan Modal Kecil” tentu akan menarik pembaca untuk membaca artikel sampai tuntas, dibanding judul-judul lain yang maknanya kurang langsung ke sasaran.
Selanjutnya, tulislah semua yang Anda ketahui pada artikel Anda. Boleh sesekali melihat sumber tulisan kalau Anda lupa dengan beberapa data penting yang ingin Anda cantumkan. Tulislah artikel itu seperti Anda bercerita pada orang lain.
Kalau sudah, lakukan editing atau perbaikan. Secara tidak langsung, artikel Anda akan menjadi artikel populer yang bahasanya mengalir ringan, tapi isinya tetap relevan bukan? Tips menulis artikel ini tidak akan berguna kalau Anda duduk diam dan tidak mulai menulis. Jadi, selamat menulis!


0 komentar:

Posting Komentar