Rabu, 29 Agustus 2012

Pentingnya Penulisan Jurnal Sebuah Perjalanan

Jurnal perjalanan adalah salah satu jenis karya tulis yang menginformasikan berbagai hal dalam sebuah perjalanan. Dengan jurnal ini, maka setiap orang dapat mengikuti cerita perjalanan seseorang atau sebuah tim perjalanan. Penulisan jurnal merupakan upaya untuk merekam secara utuh segala hal terkait dengan sebuah perjalanan.
Jurnal menjadi sangat bermanfaat saat Anda harus dapat memberi gambaran secara lengkap proses perjalanan. Setiap perjalanan merupakan kegiatan yang perlu direkam sebagai pertanggungjawaban terhadap hidup Anda. Setiap perjalanan tentu memberi pengalaman dan informasi baru bagi Anda. Semakin jauh dan lama perjalanan, semakin banyak pengalaman dan informasi yang Anda dapatkan.

Pentingnya Menulis Jurnal
Pernahkah Anda melakukan perjalanan? Apa yang Anda hadapi selama perjalanan tersebut? Adakah sesuatu yang menyedihkan atau menyenangkan saat dalam perjalanan tersebut? Atau mungkin ada pengalaman baru yang selama ini belum pernah ditemukan dalam hidup Anda. 
Sebagai manusia biasa, ada satu keterbatasan yang melekat pada diri, yaitu mudah lupa. Jika Anda melakukan sebuah perjalanan dan menemukan sesuatu tanpa dicatat, dikawatirkan akan hilang. Anda tidak dapat lagi memberi gambaran detail atau kondisi yang Anda lihat. Tentu hal tersebut merupakan sebuah kerugian yang sangat besar. Ada beberapa hal yang menyebabkan penulisan jurnal sangat penting bagi kehidupan Anda, yaitu:
Sumber Informasi
Dengan catatan yang kita buat, maka orang-orang yang hendak melakukan perjalanan sebagaimana yang Anda lakukan pasti sudah mengetahui daerah yang mereka datangi. Penulisan jurnal memang mengarah pada perekaman informasi terkait dengan segala hal yang Anda alami dalam perjalanan. Informasi ini sangat penting sebab orang lain tidak mengalami semua yang Anda alami, melainkan menemukan kondisi lain untuk melengkapi jurnal yang sudah Anda susun tersebut.
Acuan Untuk Kegiatan yang Sama
Jika isi jurnal yang Anda buat lengkap dan detail, maka para pelaku kegiatan di masa sesudah Anda menjadikan jurnal Anda sebagai acuan langkah. Dengan acuan langkah yang ada tersebut, para penerus kegiatan atau perjalanan tidak mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan yang sama. 
Dengan adanya jurnal yang Anda tulis ini, para penerus tidak perlu lagi harus mencari jalan yang dapat mengantarkannya ke tempat tujuan. Informasi jalan dan perjalanan dalam jurnal Anda merupakan informasi yang paling tepat bagi para penerus kegiatan ini.

Begitulah pentingnya penulisan jurnal bagi Anda dan masyarakat sehingga setiap detail yang tertulis adalah acuan terbaik dalam kegiatan. Dengan adanya jurnal ini, setiap orang dapat melakukan perjalanan yang sama dan melakukan penilaian sampai kemudian didapatkan pengalaman baru.

0 komentar:

Posting Komentar