Rabu, 29 Agustus 2012

Panduan Menulis Artikel Bagi Penulis Pemula

Kebutuhan untuk mengembangkan kompetensi diri yang terkait dengan pengembangan profesi, khususnya bagi guru. Hal ini merupakan tuntutan profesi bagi guru. Apalagi untuk para guru yang sudah mengikuti proses sertifikasi.

Mereka memang harus mengembangkan diri, khususnya kemampuan yang terkait dengan kompetensi diri. Oleh karena itulah, maka mereka mencoba untuk mencari Panduan Menulis Artikel yang efektif.


Sebenarnya sudah cukup banyak buku panduan menulis artikel yang dapat diperoleh di toko-toko buku. Di dalam buku-buku ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai berbagai cara membuat karya tulis, termasuk dalam hal ini menulis artikel.

Tentunya, bagi seorang guru sangat wajib untuk belajar menulis artikel. Hal terkait dengan kelanjutan artikel yang ditulisnya. Bahwa jika mereka menulis artikel dan mengirimkan ke media massa dan dimuat, maka mereka dapat menjadikan artikel yang dimuat tersebut sebagai portofolio kelengkapan sertifikasi atau bukti pengembangan profesinya. Di samping itu, mereka juga mendapatkan income secara finansial.

Jika Anda mengikuti panduan menulis artikel yang banyak ditulis oleh para penulis, maka setidaknya akan mengetahui dan mengerti langkah-langkah efektif untuk menulis artikel. Semakin paham Anda atas panduan menulis tersebut, maka semakin bagus hasil tulisan yang diperoleh.

Hal ini karena belajar menulis merupakan kegiatan  learning by doing. Dengan melakukan secara langsung kegiatan kepenulisan, maka Anda secara langsung meningkatkan kualitas kompetensi diri mereka.

Sementara untuk dapat menulis artikel secara baik, setidaknya Anda dapat mengikuti panduan menulis artikel. Panduan ini sangat penting sebab di dalam panduan inilah Anda dapat memperoleh bimbingan dari mereka yang berpengalaman. Beberapa langkah berikut dapat dijadikan sebagai panduan menulis, yaitu:


Menentukan Tema

Untuk menulis artikel, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema yang akan diangkat sebagai isu artikel. Tema merupakan acuan dasar yang dimiliki dalam penulisan sebab tema inilah yang digarap.

Jika berniat untuk menulis, maka aspek tema merupakan modal utama yang harus diketahui dan ditentukan. Selanjutnya tema inilah yang menggiring Anda menyusun setiap penulisan. Tema ini menjadi panduan menulis artikel yang diinginkan. Secara garis besar Anda sudah dapat mengetahui segala hal yang harus ditulis karena sudah mengetahui tujuan tulisan artikel Anda.

Tema memang sebagaimana tujuan yang akan dicapai dalam sebuah perjalanan. Jika tujuan sudah diketahui, bagaimanapun langkah akan menjadi lebih nyaman.


Menyusun Outline (Kerangka Dasar)

Kerangka dasar menulis merupakan sebuah bentuk umum dari sebuah tulisan. Apa saja yang akan ditulis ada di dalam kerangka dasar atau outline ini. Dalam menulis artikel, outline ini menjadi panduan menulis artikel tersebut.

Kerangka dasar adalah susunan aspek yang akan ditulis dari awal hingga akhir kegiatan tulis menulis. Dari kerangka dasar ini, maka Anda dapat melihat secara keseluruhan artikel tersebut walaupun artikel tersebut belum selesai.

Oleh karena itulah, maka kerangka dasar sangat penting sebagai panduan menulis artikel yang kita maksudkan. Bisa saja Anda menulis tanpa kerangka dasar, tetapi secara sistematis, menulis dengan kerangka dasar merupakan teknik menulis yang paling efektif.


Menerapkan keyword (kata kunci)

Key word adalah kata-kata kunci yang diselipkan dalam kalimat artikel Anda. Kata-kata kunci ini merupakan inti daripada artikel yang ditulis. Anda dapat mengatakan key word ini adalah nyawa dari artikel. Jika kata-kata kunci dimasukkan ke dalam artikel dan artikel Anda online, maka setiap kali orang mencari sesuatu, misalnya sebagaimana kata kunci, maka artikel Anda pasti muncul. Inilah yang menjadi panduan menulis artikel yang efektif untuk lebih memperkenalkan tulisan kita kepada masyarakat.

Sebagai panduan menulis artikel, maka kata kunci haruslah spesifik dan familiar, menunjukkan keperluan masyarakat atas poin tersebut. Kata-kata kunci tersebut merupakan pintu masyarakat untuk menemukan artikel Anda. Dengan demikian, maka artikel menjadi lebih cepat terkenal di masyarakat, khususnya yang mempergunakan akses internet.

Mulailah menulis, sekarang!

Salah satu masalah terbesar bagi Anda selama ini adalah mulai menulis. Ada banyak orang yang mengatakan ingin menulis, tetapi mereka hanya terbatas pada keinginan menulis semata. Mereka tidak segera action untuk menulis. Tentunya hal ini merupakan hambatan terbesar bagi proses kreatif dalam menulis.
Jika memang ingin menulis, maka seharusnya Anda langsung melakukan kegiatan tersebut.

Jangan menunda-nunda kesempatan yang ada. Pergunakan setiap waktu yang ada untuk mengaktualisasikan keinginan tersebut. Ini merupakan panduan menulis artikel yang efektif.

Panduan menulis artikel memang sangat penting dan perlu dipahami sebab inilah arah proses penulisan. Anda harus mempelajari dan mengikuti berbagai hal yang disampaikan dalam panduan menulis artikel yang ada sehingga kualitas tulisan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, lakukan sejak sekarang.


Sumber: http://www.anneahira.com/panduan-menulis-artikel.htm

0 komentar:

Posting Komentar