Rabu, 29 Agustus 2012

Penulisan Daftar Pustaka Website


Penulisan daftar pustaka merupakan kewajiban bagi para penulis untuk mengindari plagiarisme atau penjiplakan. Jangan sampai ada frase atau kutipan yang diacu, namun tidak dituliskan sumbernya. Termasuk, acuan dari website atau jurnal online. Nah, bagi yang belum mengetahui aturan penulisan daftar pustaka website, silakan membaca artikel ini hingga tuntas.

Gaya Penulisan Daftar Pustaka
Sebelum menginjak tentang cara penulisan daftar pustaka website, Anda perlu mengetahui berbagai gaya penulisan daftar pustaka yang berlaku internasional. Ada empat gaya (style) yang umumnya diacu untuk penelitian atau karya ilmiah. Yaitu, American Psychological Association (APA), Modern Language Association (MLA), American Medical Association (AMA), dan Chicago Citation Syte.

Penerapan gaya ini berkaitan dengan topik penelitian. APA umumnya digunakan oleh penulis dengan topik di bidang pendidikan, psikologi, dan ilmu sosial lainnya. MLA banyak dianut oleh peneliti di bidang literatur, seni, dan humaniora. AMA sesuai namanya, banyak digunakan bagi kalangan penulis yang berlatar belakang kesehatan, ilmu biologi, dan obat-obatan. Sedangkan Chicago citation style sifatnya lebih umum. Gaya terakhir ini biasa digunakan penulis populer seperti penulis majalah, buku, dan surat kabar.

American Psychological Association
Format penulisan daftar pustaka website gaya APA memuat nama pengarang, tahun penerbitan, judul, waktu pengunduhan, judul website, dan alamat website. Nama terakhir pengarang ditulis terlebih dahulu baru kemudian nama depannya.
Nama pengarang.(tahun penerbitan). Judul ditulis miring. Waktu pengunduhan. Judul website. Alamat website.
Contohnya:
Lestari, Dian (2008). Audit di perusahaan abc. Retrieved January 19, 2011,Kumpulan Jurnal Ilmiah. Website: http:// jurnal.ilmiah.com/audit.pdf

Modern Language Association
Item yang ada pada APA semua termuat dalam MLA, hanya penempatannya berbeda. Formatnya sebagai berikut: Nama pengarang. Judul diberi tanda kutip. Judul website diberi garis bawah. Tahun penerbitan. Organisasi penerbit. Waktu pengunduhan. (Alamat website).
Contohnya:
Lestari, Dian. “Audit di Perusahaan ABC”. Kumpulan Jurnal Ilmiah. 2008. Jurnal Nasional. Retrieved 19 Januari 2011(http:// jurnal.ilmiah.com/audit.pdf )

American Medical Association
Format AMA banyak dirujuk oleh kalangan akademis di Indonesia. Formatnya sebagai berikut: Nama pengarang.Judul.Judul website.Tahun penerbitan. Alamat website digaris bawah. Waktu pengunduhan.
Contohnya: Lestari, Dian. Audit di perusahaan ABC. Kumpulan Jurnal Ilmiah. 2008. http:// jurnal.ilmiah.com/audit.pdf. Diakses 19 Januari 2011.

Chicago Citation Style
Untuk format penulisan daftar pustaka website, Chicago mirip dengan AMA, hanya tahun penerbitannya berada setelah nama penulis.
Contohnya: Lestari, Dian. 2008. Audit di perusahaan ABC. Kumpulan Jurnal Ilmiah. http:// jurnal.ilmiah.com/audit.pdf (diakses 19 Januari 2011).


Format penulisan tiap gaya di atas terkadang mengalami sedikit perubahan. Untuk itu, Anda perlu melihat situs resmi mereka sebelum mengirimkan atau mempublikasikan karya tulis Anda ke jurnal nasional, terutama yang bertaraf internasional.

0 komentar:

Posting Komentar