Rabu, 29 Agustus 2012

Macam Macam Resensi yang Patut Diketahui

Bila Anda seorang penulis atau pembaca buku, Anda tentu pernah mendengar istilah resensi. Tapi, mungkin Anda belum terlalu paham tentang macam macam resensi. Jenis resensi bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal, bisa berdasarkan tentang apa yang diresensi, maupun berdasarkan isi dari resensi tersebut.
Apakah resensi itu? Resensi adalah sebuah tulisan yang memaparkan suatu cerita. Yang paling umum diresensi adalah cerita buku maupun cerita film. Resensi bisa juga disebut ringkasan. Namun resensi tak sekedar meringkas, karena resensi lebih kepada menjabarkan dan mengulas cerita secara detail dan menyeluruh.

Resensi umumnya berisi tentang sinopsis/ringkasan cerita dan pengulasan cerita menurut sudut pandang peresensi. Pengulasan tersebut meliputi bagaimana kelebihan dan kekurangan cerita tersebut, apa manfaatnya, maupun mengulas tentang bagaimana penuturan ceirta tersebut.
Macam Macam Resensi
• Informatif
Resensi jenis ini hanya sebatas memberikan informasi tentang cerita yang sedang diulas. Bagaimana sinopsisnya, siapa pengarang atau pembuat cerita, dan juga segala informasi tentang cerita tersebut.

• Evaluatif
Salah satu dari macam macam resensi adalah resensi evaluatif. Resensi jenis ini lebih mengulas suatu cerita lebih dalam dan lebih detail. Peresensi akan mengungkapkan apa kelebihan dari cerita tersebut dan juga tentang kekurangannya.
Tokoh, alur, latar belakang, semuanya akan diulas dan dievaluasi menurut sudut pandang si peresensi.

• Informatif dan evaluatif
Resensi jenis ini adalah gabungan antara informatif dan evaluatif. Jenis resensi ini disebut sebagai resensi yang ideal dan paling bagus, karena selain memuat informasi tentang suatu cerita, resensi juga memuat ulasan menurut sudut pandang si peresensi.
Fungsi Resensi
Setelah mengetahui macam macam resensi, Anda juga perlu mengetahui tentang fungsi dari resensi itu sendiri. Dalam hal ini, kita asumsikan bahwa yang diresensi adalah sebuah buku.
• Bagi pembaca
Fungsi resensi buku bagi pembaca adalah untuk memberi tahu tentang garis besar cerita atau informasi dari buku tersebut. Meliputi siapa penulisnya, penerbitnya, apa temanya, maupun apa manfaat/hikmah yang bisa diambil dari buku tersebut.
Pendapat atau ulasan menurut sudut pandang peresensi pun merupakan salah satu hal yang juga akan dinilai oleh para pembaca, sehingga mereka bisa memutuskan apakah buku tersebut layak untuk dibeli dan dibaca atau tidak.

• Bagi penulis
Bermacam macam resensi yang muncul akan menjadi sebuah koreksi bagi penulis buku tersebut. Ia akan tahu bagaimana penilaian para pembaca atau penikmat bukunya. Penulis juga bisa tahu di mana letak kekurangan dari karya yang ia buat.

• Bagi penerbit buku
Sebuah resensi buku pasti akan menyebutkan tentang siapa penerbitnya. Hal ini akan menjadi media promosi bagi penerbit tersebut, karena bila buku yang diresensi dinilai baik, maka hal ini pun akan menjadi nilai lebih bagi penerbit tersebut.
Namun sebaliknya, bila buku yang diresensi dinilai memiliki banyak kekurangan atau malah buruk sekali, hal ini juga bisa merugikan nama penerbit, karena dianggap telah menerbitkan buku yang tidak berkualitas.


1 komentar: