Rabu, 29 Agustus 2012

Pahamilah Pengertian Keterampilan Menulis Dasar!

Pengertian Keterampilan Menulis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang tulis menulis sehingga tenaga potensial dalam menulis. Keterampilan menulis untuk saat sekarang telah menjadi rebutan dan setiap orang berusaha untuk dapat berperan dalam dunia menulis. Banyak orang yang berusaha meningkatkan keterampilan menulisnya dengan harapan dapat menjadi penulis handal.
Seperti diketahui, menulis itu adalah  sebuah keterampilan sehingga dapat dilatih sedemikian rupa meningkatkan kemampuan tersebut. Dalam dunia kepenulisan, pengertian keterampilan menulis seringkali menjadi sesuatu yang bias sehingga banyak yang tidak memahami pengertian yang sesungguhnya. Hal ini dapat dibuktikan dari kenyataan banyak yang menganggap bahwa menulis itu ditentukan karena bakat.
Apakah benar, kemampuan menulis itu ditentukan oleh bakat? Jika ditelaah pengertian bakat, setidaknya secara sederhana Anda dapat mengatakan bahwa bakal adalah kemampuan yang dimilki dan dibawa seseorang sejak lahir.

Padahal sebenarnya pengertian keterampilan menulis itu adalah keterampilan itu sendiri. Artinya, seseorang mempunyai kemampuan menulis karena dia terampil. Sementara untuk dapat terampil dalam menulis, maka dia harus melakukannya secara langsung atau melatih dirinya sehingga terampil.
Dengan demikian, maka Anda dapat mengatakan bahwa pengertian keterampilan menulis adalah kemampuan yang didapat dan dimiliki oleh seseorang setelah melalui proses pelatihan secara intens, khusus dalam bidang menulis. Dengan mengikuti pelatihan atau berlatih secara intens, maka seseorang dapat terampil menulis.

Lakukan Walau Anda Enggan Melakukannya
Terus terang saja, menulis itu sebuah kegiatan yang sangat membosankan bagi kebanyakan orang. Bahkan ada orang yang mengatakan bahwa menulis itu satu kegiatan yang mengada-ada. Bagaimana seseorang harus melakukan sesuatu yang tidak ada menjadi tidak ada.
Berdasarkan konsep tersebut, Anda dapat mengatakan bahwa pengertian keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Karena pengertian keterampilan menulis seperti itulah, maka Anda mengatakan bahwa penulis adalah seorang pencipta.
Seorang penulis mampu menuliskan sesuatu yang sebelumnya tidak ada sehingga menjadi ada. Tentunya hal ini membutuhkan sebuah keterampilan khusus. Keterampilan tersebut adalah keterampilan menulis. Oleh karena itulah, jika Anda ingin mempunyai keterampilan menulis, maka harus melakukan kegiatan menulis secara intens.
Dan, untuk dapat melakukan kegiatan menulis secara intens, maka Anda harus melakukan secara sadar dan tidak ada keengganan. Anda harus membuang jauh-jauh rasa enggan dalam hati. Jika Anda dikuasai rasa keengganan maka pengertian keterampilan menulis tidak akan didapatkan. Jika tidak akan pernah terampil dalam dunia menulis sebab Anda tidak melatihnya secara intens.
Oleh karena itulah, maka untuk dapat terampil menulis sebagaimana yang dimaksudkan dalam pengertian keterampilan menulis, maka Anda harus terus berlatih. Anda harus mampu membuang jauh-jauh rasa enggan, malas, bosen, dan semua sikap negatif yang tumbuh di hati.
Jangan biarkan rasa tersebut berkembang. Justru ketika Anda mulai merasakan kondisi tersebut, maka segeralah memangkasnya atau menghancurkannya.

Berlatih Adalah Kunci Keterampilan
Sebenarnya, jika ada seseorang mengatakan bahwa dirinya tidak mampu menulis, maka Anda sepantasnya tertawa. Hal ini sangat lucu jika dikaitkan dengan pengertian keterampilan menulis yang dimaksudkan. Bagaimana seseorang dapat mengatakan tidak mampu menulis jika dia memang belum mempunyai keterampilan menulis. Hal ini merupakan satu kondisi yang seharusnya menjadi pemahaman semua orang.
Bahwa menulis itu sebuah keterampilan dan itu berarti, semua orang mempunyai kesempatan untuk dapat memiliki keterampilan tersebut. Dan, untuk mengkondisikan hal tersebut, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melatih diri. Setiap orang dapat mengikuti secara langsung pengertian keterampilan menulis  dan selanjutnya menerapkan dalam kegiatan nyata.
Menulis itu sebuah keterampilan, maka berlatihlah untuk dapat memiliki keterampilan tersebut. Dalam pengertian keterampilan menulis, berlatih memang merupakan kunci utama agar Anda dapat menulis. Dengan berlatih secara intens, maka sedikit demi sedikit keterampilan yang diharapkan dapat Anda miliki secara utuh dan dapat menjadi bagian integral diri.
Jika Anda sempat berbincang dengan para penulis yang sudah kesohor bagaimana proses kreatif mereka, maka jawaban yang didapatkan pasti banyak berlatih dan terus menulis. Mereka menerapkan pengertian keterampilan menulis secara langsung dengan melakukan kegiatan menulis dan mempublikasikanya. Tanpa rasa enggan.
Dengan demikian, maka pengertian keterampilan menulis setidaknya adalah melakukan secara langsung kemampuan menulis dalam kegiatan menulis dan mengujinya secara langsung pada  media massa. Mereka tidak takut gagal sebab mereka yakin telah berlatih secara intens dan pasti berhasil. Dan, nyatanya mereka memang berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar