Rabu, 29 Agustus 2012

Mendalami Definisi Menulis dan Jenis-Jenisnya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menulis berarti membuat huruf/ angka dengan pena. Definisi menulis lainnya adalah menulis huruf, angka, kode, tanda baca, atau symbol lainnya. Setiap orang yang pernah mengenyam pendidikan pasti seumur hidupnya pernah merasakan menulis.
Baik itu saat bersekolah, menjadi mahasiswa, atau pada saat bekerja sekali pun. Kegiatan menulis pada dasarnya banyak dilakukan oleh orang-orang di dunia ini. Bahkan, pada saat sekolah kita seringkali disibukkan dengan kegiatan menulis ini, seperti menyalin soal pelajaran, mencatat pelajaran, atau mengarang.
Lalu, apa bedanya menulis dan mengarang. Orang sering kali menyamakan dua hal ini. Mungkin karena dua-duanya melakukan aktivitas menulis, namun sebenarnya dua hal ini memiliki proses yang berbeda.
Menulis biasanya menuliskan sesuatu yang sudah ada, kemudian orang melakukan pengembangan/ mengembangkannya, karenanya dibutuhkan banyak referensi dan biasanya proses kreatif ini bersifat ilmiah.
Sedangkan mengarang adalah menuangkan sesuatu berupa ide atau gagasan yang ada di pikiran kita dalam bentuk tulisan, biasanya proses kreatifnya bersifat nonilmiah

Jenis-Jenis Menulis
  1. Menulis pelajaran, dilakukan oleh para pelajar/mahasiswa di sekolaah/di kampus, mereka mencatat pelajaran yang sedang dipelajarinnya.
  2. Menulis buku, dilakukan oleh seorang penulis baik amatiran ataupun yang sudah andal. Mereka dengan sengaja menulis dalam jumlah kata-kata yang banyak, bisa berupa menulis buku pelajaran atau buku cerita.
  3. Menulis artikel, dilakukan oleh orang yang ingin menuangkan ide atau gagasannya karena melihat situasi yang sedang berlangsung atau ingin berbagi sesuatu yang diketahuinya dengan yang lain dalam bentuk tulisan yang singkat, padat dan tidak bertele-tele.
  4. Menulis karya ilmiah, dilakukan oleh mereka yang sedang melakukan atau sudah melakukan penelitian. Sehingga hasil penelitian mereka dapat di bagi ke banyak orang. Banyak dilakukan oleh mahasiswa dan para ahli dari berbagai macam ilmu yang ada.
  5. Menulis puisi, dilakukan oleh sesorang yang ingin menyampaikan perasaan khayal, persepsi, arti, atau emosi hidup. Puisi ditulis dengan kata-kata sedikit mungkin, setiap kata dipilih karena bunyi dan pengucapannya.
  6. Menulis novel, menuliskan cerita dengan rangkaian kata-kata yang panjang.
  7. Menulis cerpen, menuliskan cerita dengan hanya beberapa halaman saja.
  8. Menulis Esai, menuliskan sesuatu, yaitu membahas suatu objek dengan sudut pandang pribadi
Menulis dan Membaca
Orang yang suka menulis biasanya memiliki kecendrungan suka membaca. Riset dengan jelas menunjukkan bahwa kita belajar menulis lewat membaca. Dalam Quantum Writing dijelaskan untuk lebih tepatnya, kita memperoleh gaya tulisan, bahasa khusus penulisan, dengan membaca. Banyak bukti yang menegaskan hal ini. anak-anak yang berpartisipasi dalam program membaca bebas, menulis dengan lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar